Layanan / CANCER CENTER

Pelayanan Radioterapi Cancer Center

Apakah radioterapi? Radioterapi merupakan terapi kanker menggunakan sinar foton berenergi tinggi untuk membunuh sel kanker. Lebih dari setengah pasien kanker akan membutuhkan radioterapi. Radioterapi dapat berperan sebagai terapi tunggal, dan juga dapat dikombinasikan dengan modalitas pengobatan kanker lainnya Misalnya diberikan sebelum pembedahan atau kemoterapi untuk mengecilkan tumor terlebih dahulu. Atau, diberikan setelahnya untuk membunuh sel-sel kanker yang mungkin masih tersisa.

Ada dua jenis radioterapi yang umum digunakan : radiasi eksterna dan brakhiterapi, atau radiasi interna. Di Cancer Center RSUP Fatmawati, kami memiliki alat yang memfasilitasi kami memberikan kedua jenis radioterapi tersebut.

Untuk radiasi eksterna, kami menggunakan mesin LINAC sebagai pembangkit radiasi. Alat ini menggunakan energi gelombang mikro untuk mengakselerasi elektron, yang pada akhirnya menghasilkan x-ray berenergi tinggi yang dinamakan foton. Sinar foton ini dapat dibentuk sesuai dengan area target dengan bantuan gantry yang dapat berputar 360 derajat. Beberapa teknik radiasi eksterna yang kami gunakan diantaranya :

3D Conformal Radiation Therapy (3DCRT) Teknik ini menggunakan pencitraan 3 dimensi untuk menentukan bentuk dan ukuran tumor dengan presisi. Sinar radiasi kemudia dibentuk menggunakan bilah-bilah logam kecil ( Multi-leaf collimator) yang disusun mengikuti dimensi tumor, dan meminimaloisir efek samping radiasi pada jaringan sehat.

Intensity Modulated Radiation Therapy (IMRT) IMRT memfokuskan beberapa sinar radiasi dengan berbagai intensitas kearah tumor, sehingga tumor dapat diradiasi dengan dosis yang lebih tinggi. Kami menggunakan Treatment Planning System, yaitu perangkat lunak khusus yang mengkalkulasikan arah dan intensitas sinar pengion dengan tepat, dan meminimalisir radiasi pada jaringan sehat di sekitar tumor. Pelaksanaan IMRT didukung oleh alat fiksasi khusus, untuk memfasilitasi posisi pasien dan memastikan radiasi diberikan secara akurat.

Image Guided Radiation Therapy (IGRT) Dengan CT scan yang terintegrasi di dalam pesawat penyinaran dan juga dengan teknologi 4D CT scan, radiasi dapat kami berikan sesuai dengan arah pergerakan tumor selama masa radiasi. Hal ini memastikan tumor mendapat dosis radiasi yang cukup di seluruh bagian tumor, dengan akurasi tinggi.

Responsive image
Responsive image
Responsive image
Responsive image